Tirta Empul sebenarnya adalah pura yang ada di kecamatan Tampak Siring. Sudah banyak wisatawan, baik mancanegara atau wisatawan dalam negeri yang sering menggunakan sewa mobil dengan supir Bali untuk berkunjung ke lokasi ini. Obyek wisata Tirta Empul seakan sudah menjadi salah satu lokasi liburan di pulau Bali yang harus Anda kunjungi. Dalam pura Tirta Empul ini ada mata air yang juga dipergunakan umat Hindu Bali sebagai permandian serta memohon tirta suci. 

Tirta Empul sendiri memiliki hubungan erat dengan kisah kecamatan Tampak Siring. Nama Tampak Siring terdiri dari kata Tampak dengan arti telapak, sedangkan Siring artinya miring. Dalam Usana Bali, salah satu lontar mengisahkan sejarah Tampak Siring Bali dimana telapak yang dimaksud adalah telapak sosok raja bernama Mayadenawa.

Mayadenawa merupakan seorang raja yang sakti, namun mempunyai sifat jahat serta menganggap dirinya adalah dewa. Lantaran bersifat jahat ini, Dewa Indra pun mengirim pasukan guna menghancurkan raja Mayadenawa. Mayadenawa pun kalah kemudian kabur ke hutan. Demi menghilangkan jejaknya, Mayadenawa pun berjalan sambil memiringkan telapak kakinya ke dalam hutan.

Meski begitu, usahanya itu tetap gagal. Sebelum diringkus pasukan dewa Indra, Mayadenawa sempat membuat mata air beracun. Menggunakan jebakan mata air beracun itu, sebagian pasukan dewa Indra pun tewas. Mengatasi mata air beracun tersebut, dewa Indra lantas menciptakan mata air penawar yang diberi nama Tirta Empul (air suci). Demikianlah lalu Pura yang mempunyai mata air tersebut dikenal bernama pura Tirta Empul. Sementara hutan yang dijadikan pelarian Mayadenawa dengan posisi telapak kaki yang dimiringkan itu saat ini dikenal dengan kawasan Tampak Siring.

Sementara yang jadi daya tarik dari Pura Tirta Empul diantara pura-pura lain di Bali menurut sewa mobil dengan supir Bali adalah keberadaan pemandian yang dinilai suci untuk umat Hindu Bali. Kolam berbentuk persegi panjang ini memiliki 30 pancuran berderet. Anda diizinkan untuk masuk serta ikut menyucikan diri dalam kolam, akan tetapi ada syaratnya. Diantaranya adalah Anda wajib mengenakan kamen. Kamen merupakan sebutan dari kain yang akan diikatkan pada pinggang Anda sebelum masuk ke kolam. 

Dari informasi yang didapat sewa mobil dengan supir Bali Pura ini buka tiap hari dari 08.00 sampai 17.00 WITA. Pengunjung harus membayar tiket masuk Rp15.000 bagi pengunjung dewasa, sementara anak-anak membayar Rp7.500.

Selain pemandian dan mata air suci ini, daya tarik yang lain pura ini yaitu keberadaan Istana Tampak Siring yang merupakan istana Presiden Indonesia. Alamat dari wisata Tampak Siring ini ada di Jl Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kab Gianyar, Bali. Apabila Anda menginap di sekitar wisata Ubud, Anda bisa menumpang taksi. Atau bila Anda ada rencana mengunjungi banyak lokasi wisata lainnya, maka memanfaatkan jasa sewa mobil dengan supir Bali bisa jadi cara paling gampang untuk masalah sarana transportasi terjangkau.