Sewa mobil di Bali pernah ditanya klien adakah museum unik dibanding museum lain di Bali. Mungkin Museum Bali Denpasar bisa jadi jawabannya. Museum Bali Denpasar atau Museum Negeri Propinsi Bali Denpasar adalah museum yang dikelola Pemprov Bali. Museum ini menyimpan beragam koleksi tentang peradaban manusia zaman ke zaman utamanya tentang masyarakat Bali. Lain dari museum di Ubud, dalam museum ini, Anda akan menyaksikan barang seni yang memiliki nilai sejarah kebudayaan Bali. 

Museum Negeri Propinsi Bali Denpasar pertama kali digagas W.F.J Kroon, orang asing yang menjadi asisten residen Bali selatan tahun 1909-1913. Pembangunan dimulai tahun 1910, diawali dari pembangunan Arca. Pembangunan gedung ini diarsiteki oleh I Gusti Gede Ketut Kandel, I Gusti Ketut Rai, dan Curt Grundler (asal Jerman) dan dibiayai raja-raja di Bali. Diantaranya raja Tabanan, raja Buleleng dan raja Karangasem. Tahun 1930, pimpinan dinas purbakala Bali, W.T Sttuterhim ingin mengisi bangunan Arca tersebut dengan barang peninggalan etnografi.

Pengelolaan museum kemudian diambil alih yayasan pada tahun 1932 sekaligus peresmian dari museum Bali Denpasar. Awalnya museum ini hanya seluas 2.600 meter persegi dengan 3 pembagian pada setiap halaman, yaitu halaman luar, tengah dan dalam. Setiap halaman tersebut disekat oleh tembok dan memiliki pintu masuk. Pada bagian halaman dalam ada 3 bangunan yang masing-masing bangunan itu diberi nama sesuai nama wilayah kekuasaan raja yang menyokong pembangunan museum. Saat Indonesia merdeka, pengelolaan museum pun diambil Pemprov Bali. 

Museum ini mengoleksi pernik etnografika diantaranya perkakas yang dipakai di masa pra sejarah, perlengkapan upacara keagamaan dan adat, perkembangan seni budaya masyarakat Bali. Harga tiket masuk museum Bali Denpasar sebesar Rp 5.000/orang. Museum Bali Denpasar dibuka dengan jadwal Senin-Kamis buka jam 08.00-15.00 WITA, Jumat 08.00-12.30 WITA, sedangkan pada hari Sabtu dan hari libur nasional tutup. 

Museum memiliki sejumlah bangunan yang dinamai dengan gedung Tabanan, gedung Karangasem, Gedung Buleleng. Diantara koleksi yang disimpan museum, berikut ini yang tim sewa mobil di Bali rangkumkan untuk Anda;

Pernak-pernik barang seni masyarakat Bali

Peti mayat batu

Beragam naskah kuno (prasasti), yang memiki kaitan sejarah dengan pura-pura di Bali

Lukisan wayang kulit

Alat-alat pertanian, persenjataan hingga perlengkapan upacara.

Sebenarnya masih banyak lagi peninggalan prasejarah lainnya yang dapat Anda lihat di museum ini.

Museum Bali ada di pusat kota Denpasar, tepatnya di Jl. Mayor Wisnu, Denpasar, Bali 80232. Untuk jarak tempuh dari bandara Ngurah Rai menuju ke tempat ini sejauh 15 kilometer, lantaran kemacetan cukup sering terjadi di kota Denpasar, mungkin Anda bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam menggunakan layanan taksi.

Anda juga bisa memakai sewa mobil di Bali bila tak ingin khawatir argometer menguras kantong Anda.