Gua Gajah sejatinya adalah sebuah Pura. Dari data yang dikumpulkan oleh rental mobil murah di Bali, diperkirakan obyek dibangun di abad kesebelas serta menjadi peninggalan dari Kerajaan Bali Kuno. Lantaran bentuknya menyerupai sebuah gua, belakangan tempat ini disebut dengan Gua Gajah. Pintu masuk Pura ini menampakkan bagian ‘mulut’ menganga dari sebuah ukiran raksasa.

Gua ini dipahat di batuan padas yang menjorok sejauh 5,75 meter dari dinding batunya setinggi 6,75 meter lebar 8,6 meter. Sementara permukaan gua dihiasi motif dedaunan, batu karang, raksasa, kera dan babi. Pada tengah relief itu, ada relief mulut yang berukuran lebar 1 meter tinggi 2 meter. Mulut gua berada pada pahatan muka sesosok raksasa menyeramkan bermata bulat besar melotot ke kanan, rambut dengan alis yang kasar, hidung besar, bibir bagian atas dan deretan gigi tepat di atas liang gua. Di dinding timurnya ada tulisan ‘Kumon’ dan ‘Sahy(w)angsa’ yang jika diteliti bentuk hurufnya datang dari abad 11.

Mengantar Anda masuk ke gua, ada lowongan bercabang ke timur dan ke barat. Lorong rutenya berbentuk huruf T ini membentang dari timur-barat sepanjang 13.5 meter lebar 2.75 meter dan tinggi 2 meter. Di dinding utara lorong yang melintang ke barat ada 7 buah ceruk, dimana satu dari ceruk-ceruk tersebut tepat berhadapan dengan jalan masuk gua dan menjadi ceruk yang paling besar setinggi 1,26 meter, berkedalaman 1,35 meter, 0.7 meter letaknya dari atas permukaan tanah. Ada fragmen arca raksasa serta fragmen arca siwa, di kedua ujung lorong gua yang melintang ke timur-barat ada pula ceruk. Ceruk yang berada di ujung timur ada Trilingga sementara ceruk ujung barat bernama arca Ganesha. 

Diketahui pula bahwa situs gua Gajah ini adalah tempat suci untuk pusat kegiatan agama Hindu dan Buddha di zaman pemerintahan Dinasti Warnadewa di abad X-XIV masehi (selama 400 tahun). Status dari situs Gua Gajah saat ini menjadi living monument sebab masih menjadi tempat kegiatan keagamaan dimana masyarakat menyebutnya dengan Pura Gua. 

Menggunakan rental mobil murah di Bali, dari tempat parkir, Anda akan turun melewati anak tangga hingga sampai ke lokasi. Yang menjadikannya lebih berkesan adalah, pepohonan yang ada di sekitar kawasan Gua Gajah ini amat rindang. Suasana perjalanan Anda ke lokasi pun menjadi sejuk sebab pepohonan itu usianya diramalkan sudah ratusan tahun.

Dengan membayar sebesar Rp15.000, pengunjung bisa masuk ke tempat wisata Gua Gajah yang beroperasi tiap hari dari jam 08.00 sampai 17.00 WITA. Jika Anda menggunakan rental mobil murah di Bali, dari lokasi Monkey Forest, Anda akan menuju ke arah Jl Bisma kemudian belok kanan ke Jl Raya Ubud. Lalu, belok kanan ke Jl Cok Gede Rai, dan belok kiri Jl Raya Teges. Lanjutkan perjalanan sampai Jl Gua Gajah di sisi kanan.